Khasiat Jahe Harus Tahu.. (Pengetahuan) - Pengetahuanumum21

Khasiat Jahe Harus Tahu.. (Pengetahuan)

JAHE

(Zingiber Officinale)


Tanaman jahe merupakan salah satu jenis rempah yang bias mememberikan rasa hangat dan pedas pada makanan. Jahe hanya mampu bertahan hidup di daerah tropis. Batang nya merupakan batang semu,akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dan bau menyengat, bentuk daun menyirip, dan tangkai daun berbulu halus.
Saat ini ada tiga jenis varietas jahe yang popular, yaitu jahe gajah,jahe kuning, dan jahe merah.

Rumpang jahe bermanfaat sebagai bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan (roti,kue,biscuit,kembang gula), jahe juga digunakan pada industry obat, minyak wangi, industry jamu tradisional,diolah menjadi asinan jahe,bandrek, dan sirop. 

Selain itu jahe bermanfaat bagi dunia kesehatan, dewasa ini para petani cabai menggunakan jahe sebagai pestisida alami.


Khasiat jahe :

  • Menurunkan tekanan darah Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan, yaitu protease dan lipase yang msing-masing mencerna protein dan lemak
  • Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah
  • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual termasuk akibat mabok saat perjalanan
  • Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan perut dan membantu mengeluarkan angin
  • Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh

Cara pemakaian :

  1. Jahe banyak digunakan sebagai pengobatan praktis dalam rumah tangga.
  2. Untuk memperkuat pencrnaan makanan, mengusir gas, mengobati hati yang bengkak, serta batuk dan demam dengan menggunakan rimpang yang ditumbuk dan direbus dalam air mendidih selama kurang lebih ½ jam, lalu airnya dapat diminum.
  3. Untuk mengobati rematik, siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut diatas api atau bara kemudian ditumbuk. Tempelkan tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik. Cara lain adalah dengan menumbuknya bersama cengkeh dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik.
  4. Untuk mengobati luka karena lecet dengan cara menggunakan rimpang jahe merah yang ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Letakan pada bagian tubuh yang terluka.
  5. Dengan dicampur lobak, jahe dapat digunakan mengobati eksim. Parutan lobak dicampur dengan air jahe. Air jahe dapat diperoleh dengan memarut rimpang jahe, lalu diperas. Ramuan ini dioleskan pada bagian kulit yang terkena eksim. Biasanya dalam waktu 2 minggu saja penyakit bias berkurang.

Demikian khasiat dan manfaat jahe bagi kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat…

0 Response to "Khasiat Jahe Harus Tahu.. (Pengetahuan)"

Post a Comment

Iklan Tengah

Iklan Bawah Artikel