pengertian,tujuan,manfaat,dan langlah Resensi Novel - Pengetahuanumum21

pengertian,tujuan,manfaat,dan langlah Resensi Novel


Resensi berasal dari bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensio, recensere, revidere yang berarti mengulas kembali atau melihat kembali.

Dalam KBBI, resensi mempunyai arti pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau disebut ulasan buku. Ini memang benar mengingat lebih banyak resensi tentang buku dibanding karya lain.

Akan tetapi, resensi tidak hanya berkutat pada buku saja. Resensi juga dapat menyasar karya lain seperti hasil kesenian, kesusastraan, bahkan film. Isinya pun bermacam-macam mulai dari gambaran karya, pujian, maupun kritikan terhadap karya yang diresensi.

Jadi, dapat dikatakan bahwa resensi merupakan kegiatan menilai atau pun membahas isi yang terdapat dalam sebuah karya dengan cara memaparkan data, sinopsis, pujian, atau kritikan terhadap karya tersebut.

Kesimpulan

Pengertian Resensi adalah pandangan seseorang (peresensi) terhadap buku atau karya yang dibuat dengan tujuan untuk mengulas, menilai, menganalisis ataupun mengapresiasi karya dengan memaparkan data, sinopsis, pujian ataupun kritikan.

> Tujuan Resensi
Tujuan resensi masih erat kaitannya dengan pengertian resensi yang merupakan sebuah ulasan. Maka tujuan resensi tidak lain untuk menyampaikan ulasan atau penilaian terhadap suatu karya agar dapat diketahui oleh khalayak.

Berikut tujuan resensi secara lebih luas.

1. Membantu pembaca atau penikmat karya untuk mengetahui gambaran dan penilaian dari sebuah karya secara lebih ringkas dan mendalam.
2. Membantu pembaca atau penikmat karya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu karya.
Membantu pembaca atau penikmat karya untuk mengetahui latar belakang dan alasan mengapa sebuah karya dibuat.
3. Menguji kualitas karya untuk dibandingkan dengan karya sejenis lainnya.
4. Memberi masukan atau rekomendasi kepada pembuat karya berupa kritik atau pun saran.
Mengajak pembaca untuk turut mendiskusikan karya yang diulas atau diresensi.
5. Memberikan informasi dan pemahaman secara komprehensif mengenai karya yang diresensi.

> Manfaat Resensi
Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari suatu resensi.

1. Sebagai Bahan Pertimbangan
Resensi akan memberikan suatu gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya. Dengan demikian, resensi dapat memunculkan pengaruh kepada pembaca mengenai suatu karya.

Jadi, resensi dapat menjadi bahan pertimbangan terhadap suatu karya apakah ia layak dinikmati atau tidak.

2. Nilai Ekonomis
Bila Anda memperhatikan, banyak resensi yang beredar di surat kabar, baik mengenai buku, film, maupun yang lain. Penulis yang resensinya di muat di surat kabar atau majalah biasanya akan mendapatkan imbalan baik berupa buku maupun uang.

Beberapa surat kabar mungkin akan memberikan honor kepada penulis, sementara penerbit buku akan memberikan buku lain secara gratis.

3. Sebagai Sarana Promosi
Karya yang biasanya diresensi biasanya merupakan karya yang masih tergolong baru. Oleh karena itu, dengan adanya resensi, suatu karya dapat lebih dikenal khalayak ramai. Hal ini menegaskan fungsi resensi sebagai sarana untuk mempromosikan suatu karya.

4. Untuk Mengembangkan Kreativitas
Membuat resensi berarti melakukan pekerjaan menulis. Semakin sering menulis, kreativitas akan semakin terasah. Maka dari itu menulis resensi dapat menjadi sarana yang baik untuk mengembangkan kreativitas.

> Langkah Membuat Resensi
Menulis resensi bukanlah perkara mudah, tetapi juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah resensi

a. Kenali semua aspek buku, mulai dari tema, isi, hingga jenis buku yang diresensi; apakah merupakan buku fiksi, motivasi, psikologi, pengembangan diri, atau pun yang lainnya.
b. Membaca buku yang akan diresensi secara menyeluruh. Hal ini wajib dilakukan untuk mendapatkan pemahaman komprehensif mengenai buku.
c. Menandai bagian-bagian buku yang dirasa menarik. Ini akan membantu Anda untuk menuliskan bagian mana saja yang perlu dimasukkan ke dalam resensi.
d.Membuat sinopsis mengenai isi buku.
Menilai kualitas buku yang diresensi, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.


0 Response to "pengertian,tujuan,manfaat,dan langlah Resensi Novel"

Post a Comment

Iklan Tengah

Iklan Bawah Artikel