Materi Sastra Indonesia (Pengetahuan B.Indonesia) - Pengetahuanumum21

Materi Sastra Indonesia (Pengetahuan B.Indonesia)

Berbicara tentang sastra tentunya identik dengan tulisan, tulisan bagaimana si yang termasuk dalam karya sastra....!!!
simak penjelasan nya dibawah ini.....
Sastra Indonesia adalah sebuah istilah yang melingkupi berbagai macam karya sastra di Asia Tenggara. Istilah "Indonesia" sendiri mempunyai arti yang saling melengkapi terutama dalam cakupan geografi dan sejarah politik di wilayah tersebut. 
Sastra Indonesia sendiri dapat merujuk pada sastra yang dibuat di wilayah Kepulauan Indonesia. Sering juga secara luas dirujuk kepada sastra yang bahasa akarnya berdasarkan Bahasa Melayu (di mana bahasa Indonesia adalah satu turunannya). Dengan pengertian kedua maka sastra ini dapat juga diartikan sebagai sastra yang dibuat di wilayah Melayu (selain Indonesia, terdapat juga beberapa negara berbahasa Melayu seperti Malaysia dan Brunei), demikian pula bangsa Melayu yang tinggal di Singapura.

Sastra atau dalam bahasa indonesia bisa disebut juga dengan kesusastraan adalah karya tulisan yang memiliki arti dan keindahaan tertentu. Kata sastra sendiri diambil dari bahasa Sansekerta, yang artinya "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman" Yang agak bias adalah pemakaian istilah sastra dan sastrawi. Segmentasi sastra lebih mengacu sesuai definisinya sebagai sekedar teks. Sedang sastrawi lebih mengarah kepada sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan adalah suatu contoh, diartikan sebagai orang yang bergerak dalam dunia sastrawi.

Jenis – Jenis Sastra

√ Jenis Sastra Berdasarkan Bentuknya
  • Prosa
Prosa termasuk seni sastra yang didalamnya menggunakan bahasa bebas serta tak terikat oleh diksi, irama, rima, maupun kemerduan bunyi ataupun kaidah kesusastraan lainnya. Umumnya prosa dipakai dalam mendeskripsikan fakta ataupun ide. Jadi, prosa dapat dipakai untuk majalah, novel, surat kabar, ensiklopedia, dan media lainnya. Adapun jenis prosa terdiri atas 4 yaitu : prosa naratif, deskiptif, eksposisi, serta argumentatif.
  • Puisi
Berikutnya ada puisi yang termasuk juga kedalam karya sastra. Beda dengan prosa, puisi diuraikan oleh kata kata pilihan, diksi, dan memiliki ciri pembahasan padat tapi indah. Umumnya puisi mampu menimbulkan kecenderungan seseorang dalam mempertajam kesadaranya lewat bahasa yang mempunyai irama serta makna khusus. Contoh karya sastra puisi ialah sajak, pantun, dan balada.
Ciri ciri puisi:
• Setiap baitnya terdiri dari 4 baris.
• Setiap barisnya terdiri dari 8 sampai 12 suku kata
• Didalamnya bersajak a b a b
• Pada baris 1 & 2 ialah sampiran
• Pada baris 3 & 4 merupakan isi
Contoh puisi :
Jika terang telah berganti
Pastilah petang mulai datang
Jika engkau tidak ada dihati
Maka tidak mungkin ku kan meminang
Contoh puisi diatas mengandung sajak a b a b, dengan baris 1 & 2 termasuk sampiran. Kemudian baris 3 & 4 ialah isi.
  • Drama
Selanjutnya ada drama yang termasuk karya sastra yang didalamnya berbahasa bebas dan juga panjang. Penyajian karya sastra ini dengan berdialog ataupun monolog. Pengertian drama ada 2 jenis yakni berbentuk naskah dan drama yang dipentaskan.
√ Jenis Sastra Berdasarkan Isinya
  • Epik, yaitu sebuah karangan yang melukiskan secara objektif tanpa ikut pikiran serta perasaan pribadi dari sang pengarangnya.
  • Lirik, merupakan karangan yang berisi tentang curahan perasaan dari sang pengarang yang subjektif.
  • Didaktif, yaitu karya sastra yang berisi pesan moral, agama, tata krama, atau lainnya.
  • Dramatik, merupakan karya sastra yang berisi suatu kejadian yang digambarkan secara berlebihan
√ Jenis Sastra Menurut Sejarahnya
  • Sastra Lama
Sastra lama merupakan karya-karya sastra dari sastrawan yang di zaman kerajaan ataupun ketika masih belum masa pergerakan nasional. Yang termasuk kedalam sastra lama ialah pantun, dongeng, serta hikayat.
  • Sastra Modern
Sastra modern yaitu karya sastra pada kehidupan masyarakat modern sekarang ini. Sastra tersebut lahir sesudah munculnya pergerakan nasional. Umumnya sastra modern ini seperti puisi, prosa, cerpen, roman, novel, serta drama.

√ Fungsi Sastra

  • Fungsi reaktif ialah dapat memberikan sebuah kesangan atau hiburan untuk para pembacanya.
  • Fungis didaktif ialah dapat memberikan sebuah pengetahuan atau wawasan mengenai persoalan-persoalan yang ada di kehidupan kepada para pembacanya.
  • Fungsi estetis ialah dapat memberi keindahan bagi para pembacanya.
  • Fungsi moralitas ialah dapat memberi pengetahuan moral antara yang baik dan yang buruk begi para pembacanya.
  • Fungsi religius ialah dapat menghadirkan nilai ajaran keagamaan di dalamnya yang dapat di teladani oleh para pembacanya.

0 Response to "Materi Sastra Indonesia (Pengetahuan B.Indonesia)"

Post a Comment

Iklan Tengah

Iklan Bawah Artikel